Site icon Renovasi Makassar

Tips Renovasi Rumah dari type Kecil ke Type 100

Assalamu ‘alaikum sahabat renovasi……

Renovasi Makassar kali ini akan berbagi pengalaman tentang Tips Renovasi Rumah dari type Kecil ke Type 100.

Seiring perkembangan kota dan pertumbuhan penduduk, kebutuhan rumah semakin meningkat namun Lahan yang tersedia di perkotaan semakin sedikit.

Hal ini mengakibatkan beberapa hal seperti perumahan berkembang ke pinggiran kota, luas tanah perkapling semakin kecil akibat semakin mahalnya harga tanah.

Umumnya luas tanah perumahan di kota makassar untuk ukuran paling hemat adalah 6×12, dengan asumsi rumah tipe 36 maka lahan yang terbangun ukuran 6×6 jadi tersisa 4 meter di bagian depan dan 2 meter di bagian belakang. 

Bagi keluarga muda dengan jumlah anak 1-2, type 36 sudah cukup untuk menjadi tempat bernaung namun seiring bertambahnya jumlah keluarga dan anak semakin besar sehingga setiap anak membutuhkan kamar masing-masing untuk menjaga privasi.

Sehingga penambahan ruang dalam rumah hanya mungkin di lakukan secara bertingkat.

Jika pengembangan rumah menggunakan lahan tersisa maka bangunan menjadi padat dan terasa sesak, hal ini membuat rumah tidak sehat untuk keluarga.

Jika dillihat dari kebutuhan akan luas rumah untuk penduduk kota bisa di akomodasi oleh rumah dengan luas 100 M2 atau di sebut rumah type 100. Rumah ini dapat di gunakan oleh 7 orang  dengan 3-5 anak.

Fasilitas yang di miliki bisa berupa ruang tamu, ruang keluarga, dapur, 1 Kamar utama + km/wc,  3 kamar tidur, 2 km/wc.

Dengan biaya renovasi berkisar  399 Juta maka nilai bangunan rumah tipe 100 untuk kota makassar  bisa mencapai lebih dari 1 milyar. Rumah dengan anggaran ini masuk dalam kategori rumah menengah

Dalam merenovasi rumah ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yaitu

1. Menyiapkan Desain Rumah 

Jika  anda ingin merenovasi rumah jangan meremehkan desain atau gambar rumah. Banyak pemilik rumah yang membangun tanpa gambar dan hanya mengandalkan gambar denah sederhana berujung pada hasil yang tidak menentu dan tidak memuaskan.

Hal ini sering kami jumpai pada klien yang sudah terlanjur membangun rumah namun bingung di hasil akhirnya. 

Yang perlu anda ingat membangun rumah membutuhkan BIAYA yang tidak sedikit  sehingga menggunakan jasa arsitek untuk mendesain rumah merupakan pilihan yang MURAH.

2. Menyiapkan Dana Renovasi

Untuk mengetahui biaya renovasi bisa di dapatkan saat menggunakan jasa arsitek. Upayakan dana yang di butuhkan untuk membuat bangunan sesuai dengan kemampuan anda menyiapkan dananya.

Hindari membuat bangunan  melebihi yang anda butuhkan karena akan membutuhkan biaya yang besar. kalaupun biaya renovasi yang dirasa cukup besar  anda bisa melakukan pembangunan bertahap

Anda tentunya tidak ingin rumah yang anda bangun mangkrak terlalu lama menunggu terkumpulnya dana.

Sekali lagi Perhitungkan KEMAMPUAN  anda dalam menyiapkan Dana renovasi.

3. Mengurus Ijin Membangun Rumah (IMB)

IMB merupakan ijin yang di berikan pemerintah ketika kita mau membangun rumah. Biaya yang di tetapkan biasanya di sesuaikan dengan luas bangunan yang akan di bangun.  

Untuk kota Makassar IMB di urus mulai dari tingkat RT, RW, lurah, Camat dan PTSP kota Makassar.  Pengurusan di lakukan secara berjenjang. kami sangat menyarankan anda mengurus IMB sebelum membangun  untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

4. Memilih Kontraktor pelaksana

Ada 3 tipe pelaksana  yang bisa anda pilih yaitu Kontraktor, Borong Upah dan Tukang Harian.

Kontraktor  melakukan pekerjaan dengan sekaligus, anda cukup menyediakan dana sedangkan bahan dan tukang di sediakan oleh kontraktor.

Borong Upah dilakukan dengan cara , anda yang menyediakan bahan sedangkan tukang di atur oleh mandor atau kepala tukang jadi anda melakukan kontrak dengan mandor mengenai upah yang di butuhkan untuk membuat bangunan

Tukang harian dilakukan dengan cara, Anda mengatur bahan dan tukang sekaligus.

masing- masing tipe memiliki kelebihan dan kekurangan intinya Semakin kecil keterlibatan anda semakin  besar biaya yang di butuhkan, sebaliknya semakin besar keterlibatan anda semakin kecil biaya di butuhkan.

Hal ini semua tergantung dari seberapa banyak waktu dan pengetahuan yang anda Miliki.

Baca Juga : Membangun rumah Tipe Menengah 
Baca juga : Tips renovasi rumah bertingkat dengan dana terbatas

5. Mempersiapkan tempat tinggal sementara selama proses pembangunan

Untuk pembangunan rumah bertingkat dilahan 6×12 mengharuskan anda untuk pindah ke tempt lain sementara waktu selama proses pembangunan. Umumnya Lama waktu pembangunan sekitar 5-6 bulan untuk hasil yang maksimal. 

Usahakan tempat tinggal sementara anda dekat dari rumah anda yang sekarang untuk memudahkan pengawasan anda dan koordinasi jika di perlukan pengambilan keputusan mengenai rumah anda.

Jika anda ingin merenovasi rumah anda menjadi rumah tipe 100, anda dapat mengkonsultasikan kepada kami. Kami memberikan layanan seperti konsultasi dengan tim arsitek kami, mengoptimalkan penganggaran pembangunan  anda, membantu pengurusan IMB serta pelaksanaan fisik konstruksi.

Anda bisa mendiskusikan kepada terlebih dahulu, agar bisa memenuhi kebutuhan keluarga bapak/ibu. Konsultasikan Via WA ( 081342010659 ) yang ada di pojok kanan bawah website ini.

Kunjungi kami di :

Facebook   : @renovasimakassar2018
Instagram  : @renovasi.makassar
Website      : www.renovasimakassar.com

 

Exit mobile version