Site icon Renovasi Makassar

Tips Mendesain Kitchen SET – Renovasi Makassar

Ketika mengatur kitchen set ada alur aktifitas yang mesti di perhatikan yaitu pertama Menyimpan dan membersihkan, kedua Mengolah dan ketiga memasak.  Dengan pengaturan yang baik maka Kitchen set dapat berfungsi efektif dan efisien. Sebelum anda menentukan model kitchen set anda, Renovasi makassar akan memberikan informasi tentang beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam membuat kitchen set :

Pertama : Layout yang tidak efisien

Ada tiga hal yang mesti di perhatikan yaitu wastafel, kompor dan kulkas yang umum disebut dengan prinsip Triangle. Dalam mendesain Triangle diatur sehingga 3 hal tersebut tidak terhalang ketika ingin di gunakan atau tidak saling bertabrakan.  Dari tiga hal tersebut wastafel merupakan tempat yang paling banyak aktifitas.

Untuk tata ruang kitchen set dapat dibagi menjadi 6 desain dasar yaitu :

Pengaturan jarak juga mesti di pikirkan baik-baik, Jika Triangle kerja terlalu kecil, akan mengalami kekurangan ruang gerak. Namun Jika terlalu besar, persiapan makanan bisa jadi lebih melelahkan.

Sebagai catatan juga dalam mengatur ukuran atau jarak sebaiknya mengikuti tinggi  pemilik rumah terutama ibu/istri yang biasa menggunakan dapur. Untuk tinggi rata rata wanita  antara 150-160 cm dengan jangkauan tangan 85 cm sementara kesamping 42-62 cm, luas ruang tetap yang dibutuhkan  kisaran 1,47 m2 sedangkan ruang dinamis sekitar 2 kali dari ruang statis.

Layout yang keliru

Kedua : Ruang yang tidak termanfaatkan.

Dapur biasanya menyimpan banyak barang. barang-barang yang tersembunyi di balik lemari dapur membutuhkan ruang ekstra contoh untuk wajan, panci atau oven besar. Kita menginginkan tempat penyimpanan yang mudah di akses.

Walaupun kadang sudah di atur baik , untuk dapur yang kecil pun bisa memiliki ruang terbuang, hal ini dapat di minimalkan dengan perencanaan yang matang tentunya dibantu oleh ahlinya.

Ruang yang tidak termanfaatkan

Jika dapur anda kecil pertimbangkan untuk mengunakan lemari atas yang panjang untuk penyimpanan ekstra. Buatlah lemari diatas kulkas, karena biasanya diatas area ini kadang tidak di manfaatkan.

Ada baiknya anda juga melist daftar barang yang akan anda simpan didalam tempat penyimpanan, sehingga bisa di optimalkan penyimpananya.

Ketiga: Tidak Cukup Meja 

Salah satu keluhan terbesar tentang kitchen set adalah kurangnya meja. Oleh karena itu perlu mempertimbangkan semua aktifitas yang menggunakan meja , serta peralatan yang secara permanen berada di sana. Cara mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan menambahkan area kerja dapur berbentuk L.

Meja olah yang kurang

Keempat: Pencahayaan Buruk

Jika dapur anda memiliki pencahayaan yang buruk hal ini bisa mengganggu keselamatan anda ketika menggunakan pisau atau barang-barang tajam lainya.  Secara umum ada 3 fungsi pencahayaan syaitu sebagai penerangan umum, sebagai pencahayaan spesifik, sebagai aksen. Pertimbangkan untuk menggunakan pencahayaan spesifik diatas area kerja utama.

 

Tidak ada lampu untuk penerangan

Gunakan lampu gantung untuk meningkatkan keindahan dan fungsi dapur. Pasang pencahayaan di bawah kabinet untuk memastikan pencahayaan yang cukup untuk ruangan secara umum.

Kelima: Mengabaikan pengaturan sampah

Dalam  menangani pembuangan sampah di dapur yang telah menumpuk di bawah bak cuci. Buat rencana untuk mengelola sampah Anda secara efisien. Masukkan ke tempat penyortiran untuk selanjutnya di pindahkan ketempat pembuangan akhir di dalam rumah

Keenam: Tidak Bekerja dengan ahli

Banyak pemilik rumah yang mencoba mengerjakan sendiri kitchen setnya dengan memanggil tukang  untuk menghemat pengeluaran, namun yang terjadi kitchen set yang jadi malah tidak sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah sehingga dana yang di keluarkan untuk memperbaiki jadi lebih besar. 

Belum lagi waktu dan energi yang di habiskan untuk mengurusi hal tersebut termasuk kesalahan yang diperbuat.  Dengan menggunakan tenaga profesional baik arsitek interior maupun kontraktor interiornya maka anda akan mendapatkan informasi dan masukan yang berharga untuk memenuhi kebutuhan anda secara efisien dan efektif

Jika anda ingin membuat Kitchen Set , anda dapat mengkonsultasikan kepada kami. Anda bisa mendiskusikan kepada terlebih dahulu, agar bisa memenuhi kebutuhan keluarga bapak/ibu. Konsultasikan Via WA ( 081342010659 ) yang ada di pojok kanan bawah website ini.

PT. RENOVASI MAKASSAR CORPORINDO
Kantor: Komp BTP Ruko Pelangi Blok J5
Email: 
renovasimakassar6@gmail.com
Tel: 
0411-8037028
WA : 081342010659

Whatsapp 081342010659

Kunjungi kami di :

Facebook   : @renovasimakassar2018
Instagram  : @renovasi.makassar
Website      : www.renovasimakassar.com

Exit mobile version