Site icon Renovasi Makassar

Jasa Pengukuran Tanah Makassar

Tujuan dan Manfaat Jasa Pengukuran Tanah / Survey Topografi

Fungsi dan tujuan daripada jasa survey topografi adalah untuk menentukan lokasi posisi fitur alami atau buatan dari sebuah objek pemetaan tanah / pengukuran tanah. Selain itu komposisi lahan atau yang sering disebut terrain juga dianalisa membentuk suatu data informasi medan yang kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk peta topografi. Dengan adanya perekaman lahan aktual yang sudah ada (existing), maka dari itu karakter vegetasi atau pepohonan pun tidak luput dari gambar hasil sebuah peta topografi.

Pekerjaan-Pekerjaan Yang Mengacu Pada Informasi Topografi

1. PEMBUATAN SALURAN IRIGASI

Dapat dikatakan proyek pembangunan jalan air seperti saluran irigasi adalah pekerjaan yang sangat memerlukan informasi detail secara topografik. Bayangkan bila tidak ada analisa fitur-fitur alamiah dan terrain yang cukup. Aliran air yang sedianya harus menuju ke lokasi yang direncanakan malah terkendala elevasi tanah yang tidak diantisipasi sehingga menghambat. Akibatnya genangan air dapat membanjiri suatu lahan dan merusak vegetasi dan menggangu lingkungan.

2. PEMETAAN LUAS BIDANG TANAH

Faktor-faktor yang diperlukan dalam memperoleh data lapangan yang akurat dari suatu bidang lahan adalah sumber daya manusia yang mengerti teknis jasa pemetaan tanah dan peralatan yang memadai. Bidang tanah diukur secara langsung guna mendapatkan detail yang tepat. Bahkan dilakukan beberapa kali jasa pengukuran tanah agar hasilnya lebih meyakinkan. Nantinya, hasil pemetaan atau pengukuran dapat digunakan untuk berbagai keperluan penting yang dapat dipertanggungjawabkan.

3. PERENCANAAN PEMBANGUNAN PEMUKIMAN

Pihak developer atau pengembang harus memiliki data yang terperinci mengenai topografi obyek lahan yang akan dibangun perumahan. Bahkan jauh-jauh hari sebelum sebuah bidang tanah akan diperoleh, kedua belah pihak (pemilik tanah dan pengembang) setuju untuk menggunakan jasa ukur tanah profesional untuk menentukan harga jual/beli yang patut. Setelah itu, pengembang pun membutuhkan hasil pengukuran lanjutan guna menentukan lahan-lahan mana yang cocok untuk di bangun dan mana yang lebih pas dijadikan fasilitas umum seperti taman.

4. PENGHITUNGAN KUBIKASI PADA PROYEK CUT & FILL

Pekerjaan cut and fill adalah proses babat alas dari sebuah lahan yang sebelumnya masih terdapat vegetasi, bebatuan, bangunan, atau medan yang topografinya dinamis. Pekerjaan ini selain untuk membersihkan lahan, juga bertujuan untuk mendapatkan landasan sesuai elevasi tanah yang ditargetkan cetak biru suatu proyek. Bila terdapat bagian yang membutuhkan urugan, maka proses ini memastikannya dengan mengisi cekungan tersebut dengan material batu atau tanah agar lahan siap digunakan. Ini semua bisa dimungkinkan hanya dengan adanya data topografi yang akurat dan saksama.

Kami menyediakan jasa pengukuran tanah. Untuk informasi harga dan lainnya, silakan anda menghubungi marketing kami yang tertera di website ini.

PT. RENOVASI MAKASSAR CORPORINDO
Kantor: Komp BTP RUko Pelangi Blok J5
Email: 
renovasimakassar6@gmail.com
Tel: 
0411-8037028
WA : 081342010659

Whatsapp 081342010659

Exit mobile version